This awesome blogger theme comes under a Creative Commons license. They are free of charge to use as a theme for your blog and you can make changes to the templates to suit your needs.
RSS

mobilitas sosial

Mobilitas social atau gerak social adalah suatu gerak dalam struktur social, yaitu pola-pola tertentu yang mengatur organisasi suatu kelompok social. Struktur social mencakup sifat-sifat hubungan antara individu dalam kelompok dan hubungan antara individu dengan kelompoknya. Tipe-tipe mobilitas social ada dua macam, yaitu mobilitas social horizontal dan mobilitas social vertical. Mobilitas sosial horizontal merupakan peralihan individu atau obyek-obyek sosial lainnya dari suatu kelompok sosial ke kelompok sosial lainnya yang sederajat. Misalnya seseorang yang beralih kewarganegaraan, beralih pekerjaan yang sederajat atau mungkin juga peralihan obyek-obyek sosial seperti radio, mode pakaian, ideology, dan sebagainya. Dengan adanya gerak sosial yang horizontal, tidak terjadi perubahan dalam derajat kedudukan seseorang ataupun suatu obyek sosial.
 Mobilitas sosial vertical dimaksudkan sebagai perpindahan individu atau obyek sosial dari suatu kedudukan sosial ke kedudukan lainnya yang tidak sederajat. Sesuai dengan arahnya, maka terdapat dua jenis mobilitas sosial yang vertical, yaitu mobilitas sosial vertical naik (sosial climbing) dan mobilitas sosial vertical turun (sosial sinking).
Gerak sosial vertical yang naik mempunyai dua bentuk utama, yaitu :
  • Masuknya individu-individu yang mempunyai kedudukan rendah ke dalam kedudukan yang lebih tinggi, dimana kedudukan tersebut telah ada;
  • Pembentukan suatu kelompok baru, yang kemudian ditempatkan pada derajat yang lebih tinggi dari kedudukan individu-individu pembentuk kelompok tersebut.
Gerak sosial vertical yang menurun mempunyai dua bentuk utama, yaitu :
  • Turunnya kedudukan individu ke kedudukan yang lebih rendah derajatnya, dan
  • Turunnya derajat sekelompok individu yang dapat berupa disintegrasi kelompok sebagai kesatuan.

0 komentar:

Posting Komentar